Rabu, 24 September 2014

RPP TERPADU ~ IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan    : SD Negeri 2 Rembang
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester       : IV/ 1 (satu)
Waktu                        : 2 x 35 menit

A.  Standart Kompetensi
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya.
B. Kompetensi Dasar
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
C. Indikator           
Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora).
D. Tujuan
1.  Dengan memahami penjelasan guru tentang hewan herbivora, siswa mampu menyebutkan contoh hewan yang termasuk pemakan tumbuhan.
2.  Dengan mendengarkan penjelasan guru tentang hewan herbivora, siswa mampu mendifinisikan hewan pemakan tumbuhan.
3.  Dengan melalui diskusi tentang hewan herbivora, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri hewan pemakan tumbuhan.
E.  Materi
Penggolongan hewan herbivora berdasarkan jenis makanannya.
F.  Metode
1.  Ceramah
2.  Diskusi
3.  Tanya jawab
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal (10 menit)
a)  Motivasi   : menjelaskan manfaat mempelajari materi tentang penggolongan hewan herbivora berdasarkan jenis makanannya.
b)  Apersepsi : tanya jawab tentang hewan herbivora pemakan daun, biji, batang, dan buah.
2.  Kegiatan Inti (45 menit)
a)  Eksplorasi
Ø Guru menyiapkan gambar atau tayangan tentang penggolongan hewan herbivora.
Ø Guru menayangkan atau menampilkan gambar herbivora
Ø Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisa gambar hewan herbivora.
b)  Elaborasi
Melalui diskusi diharapkan siswa mampu :
Ø Menganalisa gambar hewan herbivora.
Ø Mengidentifikasi hewan herbivora pemakan daun, biji, batang dan buah.
Ø Mendiskripsikan ciri-ciri hewan herbivora pemakan daun, biji, batang dan buah.
c)  Konfirmasi
Ø Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang ciri-ciri hewan herbivora pemakan daun, biji, batang dan buah.
Ø Guru bertanya dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
3.  Kegiatan Akhir (15 menit)
a)  Menjelaskan kembali atau merangkum materi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
b)  Menarik kesimpulan dari materi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
H. Alat dan Sumber Bahan
1.  Buku BSE Ilmu Pengetahuan Alam
2.  Buku BSE Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku.
I.    Penilaian
1.  Prosedur   :
a)  Tes awal        : ada pada apersepsi
b)  Tes akhir        : ada pada tes formatif
2.  Jenis tes    : tes uraian dalam diskusi
3.  Bentuk tes            : uraian
4.  Alat tes      : lembar soal

                                                                                                Rembang , 09 Juni 2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Tatik Nur Hidayat, S.Pd                                                         Kristi Yulianti

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates