RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Rembang
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester :
IV/ 1 (satu)
Waktu :
2 x 35 menit
A. Standart Kompetensi
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya.
B.
Kompetensi Dasar
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
C.
Indikator
Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan tumbuhan (herbivora).
D.
Tujuan
1.
Dengan memahami penjelasan guru tentang hewan herbivora,
siswa mampu menyebutkan contoh hewan yang termasuk pemakan tumbuhan.
2.
Dengan mendengarkan penjelasan guru tentang hewan
herbivora, siswa mampu mendifinisikan hewan pemakan tumbuhan.
3.
Dengan melalui diskusi tentang hewan herbivora, siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri hewan pemakan tumbuhan.
E.
Materi
Penggolongan hewan herbivora berdasarkan jenis makanannya.
F.
Metode
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10 menit)
a)
Motivasi : menjelaskan manfaat mempelajari materi tentang
penggolongan hewan herbivora berdasarkan jenis makanannya.
b)
Apersepsi : tanya jawab tentang
hewan herbivora pemakan daun, biji, batang, dan buah.
2.
Kegiatan Inti (45 menit)
a)
Eksplorasi
Ø Guru menyiapkan gambar
atau tayangan tentang penggolongan hewan herbivora.
Ø Guru menayangkan atau
menampilkan gambar herbivora
Ø Guru memberi petunjuk
dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisa gambar
hewan herbivora.
b)
Elaborasi
Melalui diskusi diharapkan siswa
mampu :
Ø Menganalisa gambar hewan
herbivora.
Ø Mengidentifikasi hewan
herbivora pemakan daun, biji, batang dan buah.
Ø Mendiskripsikan
ciri-ciri hewan herbivora pemakan daun, biji, batang dan buah.
c)
Konfirmasi
Ø Siswa mempresentasikan
hasil diskusi tentang ciri-ciri hewan herbivora pemakan daun, biji, batang dan
buah.
Ø Guru bertanya dengan
siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa tentang materi penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya.
3.
Kegiatan Akhir (15
menit)
a)
Menjelaskan kembali atau merangkum materi tentang
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.
b)
Menarik kesimpulan dari materi tentang penggolongan hewan
berdasarkan jenis makanannya.
H.
Alat dan Sumber Bahan
1.
Buku BSE Ilmu Pengetahuan Alam
2.
Buku BSE Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku.
I.
Penilaian
1.
Prosedur :
a)
Tes awal :
ada pada apersepsi
b)
Tes akhir :
ada pada tes formatif
2.
Jenis tes : tes
uraian dalam diskusi
3.
Bentuk tes :
uraian
4.
Alat tes :
lembar soal
Rembang , 09 Juni 2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tatik
Nur Hidayat, S.Pd Kristi
Yulianti
0 komentar:
Posting Komentar