NASKAH SOAL
Pilihlah 1 ( satu ) jawaban yang paling tepat
diantara 4 alternatif jawaban yang tersedia !
1. Proses dimana si pengirim pesan aktif memilih pesan yang akan
disampaikan, memformulasikannya dalam wujud lambing-lambang berupa
bunyi/tulisan, yaitu …
A. Decoding
B. Encoding
C. Berbicara
D. Menyimak
2. Keterampilan memahami bahasa lisan yang bersifat reseptif, yaitu …
A. Menulis
B. Berbicara
C. Mendengarkan
D. Membaca
3. Berikut ini adalah contoh situasi-situasi mendengarkan noninteraktif,
kecuali …
A. Mendengarkan Radio
B. Mendengarkan TV
C. Mendengarkan Film
D. Percakapan Tatap Muka
4. Menyadari adanya bentuk-bentuk tekanan dan nada, warna suara dan
intonasi, menyadari adanya reduksi bentuk-bentuk kata, merupakan salah satu
keterampilan mikro yang harus dikuasai dalam kegiatan …
A. Menulis
B. Membaca
C. Mendengarkan
D. Berbicara
5. Yang termasuk kegiatan keterampilan berbicara yang semiinteraktif,
antara lain …
A. Berbicara Tatap Muka
B. Berpidato dihadapan umum
C. Berbicara di Telepon
D. Berpidato melalui Radio/TV
6. Keterampilan reseptif bahasa tulis, yaitu …
A. Membaca
B. Mendengarkan
C. Berbicara
D. Menulis
7. Dalam membaca, seseorang menggunakan keterampilan mikro antara lain
harus …
A. Membedakan dan memahami arti kata-kata
B. Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta pilihan kata yang
tepat
C. Menentukan kata-kata kunci yang mengidentifikasikan topik dan gagasan
utama
D. Memilih kata yang tepat
8. Mengembangkan dan menuangkan pikiran-pikiran dalam suatu struktur
tulisan yang teratur, merupakan keterampilan …
A. Mendengarkan
B. Menulis
C. Membaca
D. Berbicara
9. Keterampilan mikro yang harus dimiliki terkait dengan menulis adalah …
A. Menebak makna dari konteks
B. Berupaya agar kalimat-kalimat utama jelas bagi pendengar
C. Mengenal kosa kata
D. Menggunakan bentuk kata yang benar
10. Yang merupakan persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca
adalah ..
A. Kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif
B. Kedua kegiatan tersebut besifat produktif
C. Kedua kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam
berbahasa
D. Kedua kegiatan terebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa
11. Sekalipun berbicara dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang
bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya berbeda, yaitu …
A. Berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. Berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. Berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. Berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
12. Dalam pengembangan keterampilan menyimak, terdapat tahap pengenalan yang
disebut juga dengan …
A. Tataran Identifikasi
B. Tataran Identifikasi dan Seleksi tanpa retensi
C. Tataran Identifikasi dengan Seleksi terpimpin dan retensi jangka pendek
D. Tataran identifikasi dengan Seleksi retensi jangka panjang
13. Membaca cepat untuk mencari ide-ide utama, disebut …
A. Reseptif
B. Decoding
C. Encoding
D. Skimming
14. Kemampuan mencamkan, menyimpan
dan memproduksikan pemahaman disebut …
A. Kemampuan Menulis
B. Kemampuan Retensi
C. Kemampuan Membaca
D. Kemampuan Menyimak
15. Dalam menangkap gagasan inti saat menyimak, kita dapat melakukan
beberapa kegiatan diantaranya …
A. Memperhatikan tanda-tanda baca dan ejaan
B. Memusatkan perhatian dan membuat catatan sederhana
C. Menungkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. Mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan.
16. Rangkaian bunyi bahasa yang membentuk suku kata dan kata itu disebut …
A. Unsur Segmental
B. Unsur Suprasegmental
C. Unsur Reseptif
D. Unsur Menyimak Bahasa
17. Kegiatan menyimak intensif yang menuntut konsentrasi dan seleksi,
disebut …
A. Menyimak Kritis
B. Menyimak Interogatif
C. Menyimak Kreatif
D. Menyimak Eksploratif
18. Dalam menyimak kreatif, penyimak bertujuan untuk …
A. Mengembangkan kemampuan berbahasa
B. Meningkatkan pengetahuan kebahasaan
C. Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
D. Memperkaya perbendaharaan kata
19. Fungsi utama dari dialog adalah …
A. Bertukar pikiran
B. Mengembangkan keterampilan menulis
C. Meningkatkan konsentrasi
D. Memperkaya perbendaharaan tulisan
20. Hal-hal berikut ini perlu diperhatikan ketika berdialog, kecuali
…
A. Bagaimana menarik perhatian
B. Mencatat ide pokok
C. Bagaimana cara mulai dan memprakasai suatu percakapan
D. Bagaimana mengoreksi dan mencari kejelasan
21. Ciri yang harus diperhatikan dalam membaca pengumuman adalah …
A. Mengenal kelas-kelas kata
B. Menentukan kata-kata kunci
C. Volume suara harus lebih keras
D. Memilih kata yang tepat
22. Salah satu proses komunikasi untuk menyampaikan argumentasi karena harus
mempertahankan pendapat, disebut …
A. Dialog
B. Debat
C. Pidato
D. Bercerita
23. Dibawah ini merupan jurus-jurus dalam mendongeng, kecuali …
A. Menciptakan suasana akrab
B. Menghidupkan cerita
C. Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta pilihan kata yang
tepat
D. Kreatif
24. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah
dalam kelompok besar atau kecil adalah …
A. Pidato
B. Diskusi
C. Musyawarah
D. Kampanye partai politik
25. Cara yang baik dalam menyampaikan sanggahan ketika berdiskusi adalah …
A. Secara santun dan tidak berbelit-belit
B. Dengan suara keras dan tegas
C. Disertai kata pembuka dan penutup
D. Mengemukakan berbagai argument yang dapat mematahkan argument pembicara
26. Berikut ini yang perlu diperhatikan ketika menyusun pidato, kecuali
…
A. Pengumpulan bahan
B. Garis besar pidato
C. Jumlah pendengar
D. Uraian secara detail
27. Bagaimana cara menutup pidato yang baik …
A. Menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
B. Melukiskan latar belakang masalah
C. Dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
D. Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda.
28. Membaca dengan cepat suatu bahan bacaan untuk mendapatkan suatu kesan
aawal atau untuk menemukan sesuatu yang kita cari yang mungkin terdapat
didalamnya, disebut …
A. Membaca Memindai
B. Membaca Pemahaman
C. Membaca Bersuara
D. Membaca dalam hati
29. Membaca scanning adalah jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan
cara …
A. Mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
B. Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan cepat
C. Membaca teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks
tersebut
D. Memahami wacana atau bacaan dengan tepat
30. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan yang memerlukan keterampilan
membaca bersuara adalah …
A. Mendengarkan Musik
B. Bermain Drama
C. Kepala Sekolah Berpidato
D. Menulis Laporan
**_SELAMAT MENGERJAKAN_**
KUNCI JAWABAN
1
|
B
|
( Encoding )
|
2
|
C
|
( Mendengarkan )
|
3
|
D
|
( Percakapan tatap muka )
|
4
|
C
|
( Mendengarkan )
|
5
|
B
|
( Berpidato dihadapan umum )
|
6
|
A
|
( Membaca )
|
7
|
C
|
( Menentukan kata-kata kunci yang megidentifikasikan
topik dan gagasan utama )
|
8
|
B
|
( Menulis )
|
9
|
D
|
( Menggunakan bentuk kata yang benar )
|
10
|
A
|
( Kedua kegiatan tersebut bersifat reseptif )
|
11
|
A
|
( Berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tak langsung )
|
12
|
A
|
( Tataran Identifikasi )
|
13
|
D
|
( Skimming )
|
14
|
B
|
( Kemampuan Retensi )
|
15
|
B
|
( Memusatkan perhatian dan membuat catatan sederhana )
|
16
|
A
|
( Unsur segmental bahasa )
|
17
|
B
|
( Menyimak interogatif )
|
18
|
C
|
( Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
|
19
|
A
|
( Bertukar pikiran )
|
20
|
B
|
( Mencatat ide pokok )
|
21
|
C
|
( Volume suara harus lebih keras )
|
22
|
B
|
( Debat )
|
23
|
C
|
( Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta pilihan kata yang
tepat )
|
24
|
B
|
( Diskusi )
|
25
|
A
|
( Secara santun dan tidak berbelit-belit )
|
26
|
C
|
( Jumlah pendengar )
|
27
|
D
|
( Menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
)
|
28
|
A
|
( Membaca Memindai )
|
29
|
B
|
( Menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan cepat )
|
30
|
C
|
( Kepala Sekolah berpidato )
|
1 komentar:
Salam Kenal,.....?
Apa ini contoh soal keterampilan berbahas semester 1 ya....????
Saya Dari U.Terbuka Maros (Sul-Sel)
Posting Komentar